Senin, 17 Februari 2014

DAYA JUANG - RENUNGAN

DAYA JUANG
Klik Gambar untuk membaca dalam ukuran besar

Sumber : WARTA GEREJA MAWAR SHARON
Harga : FREE / GRATIS


I

Da ya juang bukan cuma milik orang muda, yang memiliki kemasan kompht dalam hal tenaga. waktu dan daya kreatifitas. Orang berusia senja pun harus memiliki daya juang. Pada Mel 1983. setelah 4 tahun berlatih secara konstan, Cliff Young rnengejutkan dunia. DI usianya yang menginjak 61 tahun, dia berhasil memenangkan Ultra Marathon Sydney-Melbourne yang berjarak 875 Km (545 MIl). Suatu pencapaian yang luar biasa,

di mana dia berhasil mengahkan atlit-atlit dunia di kondisi terbaik mereka, dengan renlang usia 20-30 tahun. Hal itu menjadi inspirasi orarig-orang di Australia, untuk berani mengejar mimpi, di usia senja sekalipun.
Kesetlaan Yosua
Dalam Yosua 14:6-15 diceritakan bahwa Kaleb (85 tahun) menunjukkan man dan keberanian yang luar biasa ketika ia meminta dataran tinggi Hebron -yang stilit diserang- untuk menjadi warisannya. Berikanlah kepadaku pegunungan, yang dijanjikan TUHAN pada waktu itu.(Yosua 14:12).
Kaleb bin Yefune, adalah salah satu dan 12 pengintai yang diutus Musa masuk ke tanah Kanaan. Berbeda dengan kesepuluh pengintai yang pesimistis, Kaleb dan Yosua adalah orang

yang bersikap benar di hadapan Allah, ketika menyampaikan kabar tentang Kanaan (Bilangan 14). Karena imannya, mereka berdua optimis bahwa bersama Tuhari, bangsa Israel dapat merebut tanah Kanaan. Tuhan pun mengenal Kaleb sebagai orang yang rnengikut Tuhan dengan sepenuh hati. Tetapi hamba-Ku Kaleb, karena lain jiwa yang ada padanya dan a mengikut Aku dengan sepenuhnya, akan Kubawa masuk ke negeri yang telah diniasukinya itu, dan keturunannya akan memilikinya.” (Bilangan 14:24).
Karena kesetiaannya kepada Tuhan. Kaleb rnenjadi orang yang diberkati, sehingga dia bisa bersaksi: Jadi sekarang, sesungguhnya TUHAN telah memelihara hidupku, seperti yang dijanjikanN ya. Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya, sejak diucapkan TUHAN lirman itu kepada Musa, dan selama itu orang Israel mengembara di padang gurun. Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hail mi: pada waktu ml aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa: seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk.” (Yosua
14:10—11).
lnhlah berkat Tuhan bagi mereka yang setia:
hidup terpelihara dan diberi kekuatan sampai janji Tuhan benar-benar digenapi dalam hidupnya. flahasia untuk memperoleh hal itu adalah mengikut Tuhan dengan segenap hati. Bagaimana Kaleb bisa memiliki sikap mengikut Tuhan dengan segenap hati?
SegenapHati
Pertama, Kaleb memiliki hati yang sepenuhnya percaya kepada Allah dan menjadikan Tuhan sebagal Allah satu-satunya dalam hidupnya. sehingga apa pun yang terjadi, dia tidak akan meninggalkan Allah. Hal mi berbeda dengan kebanyakan orang Israel, saat keadaan balk.

mereka mengikut Tuhan dengan balk, tetapi saat keaciaan terlihat buruk, mereka berbalik dan Allah dengan mudah berbalik.
Ayub menjadi contoh seorang yang mengikut Tuhan dengan segenap hati. Motto hidupnya adalah Dengan telanjang aku keluar dan kandungan ibuku, dengan telanjang juga aku akan kembali ke dalamnya. TUHAN yang membeni. TUHAN yang mengambil, terpujilah nama TUHAN” (Ayub 1:21). Alkltab niarnberi kesaksian, ‘Tetapi jawab Ayub kepadanya: Engkau berbicara seperti perempuan gila! Apakah kits mau menerima yang baik dan Allah, tetapi tidak mau menerima yang buruk?” Dalam kesemuanya itu Ayub tidak berbuat dose dengan bibirnya.’ (Ayub
2:10).
Kedua, Kaleb percaya bahwa bagi Tuhan Ikiak ada yang ,iiustaliil, sliinyga Uia Ikiak putiuli seberapa besar tantangan yang menghadang.

pastA Tuhan sanggup membereskannya. OIeh karena itu, meski di usia senja, Kaleb berani meminta tanah Hebron, yang sulit dikuasai, menjadi warisannya.
Jika melihat tantangannya, di mana Hebron waktu itu masih dikuasai suku Enak yang sangat perkasa (Yosua 14:12, 15:13-14), dan tanahnya tidak seluruhnya subur sehingga hams diolah lagi (Yosua 15:19), sebenarnya Kaleb bisa memilih rnenghlndari perjuangan berat Lu, namun kita melihat keteguhan man Kaleb dalam memegang janji Tuhan dan daya juangnya yang tidak mengendur saat menghadapi tantangan. lnilah ciii man sejati.
Millkilah iman dan daya juang seperti Kaleb, maka hidup Anda akan berkemenangan dail hail ke hail. Dan Anda akan emninggalkan warisan builiarga buat geti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar