Minggu, 09 Februari 2014

KEPEDULIAN DALAM KELUARGA - RENUNGAN

Klik Gambar untuk membaca dalam ukuran besar
Sumber : WARTA GEREJA MAWAR SHARON
Harga : FREE / GRATIS

ahli waris dan' saudara Iaki-laki yang telah meninggal itu. supaya 'nama ilu jangan lerhapus dari antara orang Israel" (Ul. 25:56).
Spirit Kamuliaan
Spirit dari tradisi ini adalah kerelaan hati unluk menolong, bilarnana sang adlk rela menegakkan nama kakaknya. maka dia dlpandang mornpunyal hali yang mulia, karona dia sondiri mau berkoman untuk saudaranya. Tapi bilamana dia menolak. maka kasutnya ditanggalkan. aninya dia lidak lagi mempunyai hak alas ism kakaknya dan somua har1a kakaknya, seiain itu dia akan diludahi dan dihina (HI 95-7-10)
Kemuliaan hati lerlmal dari lujuan hidupnya. bahwa orang yang mulia hatinya adalah orang L yang reia memberikan dlrinya untuk orang Iain. I dalam bahasa kila sekarang. hidupnya meniadi saluran berkal bagi orang lain. Sebaliknya keegoisan menjadikan orang beriuang bagi dirinya Hen-dlri.
Memang sanksi untuk masalah itu hanya bersilal seremonial. namun berakibal secara sosial di mana dia disebut sebagai 'kaum yang kasutnya ditanggalkan orang" (UI.25:10). Sangat menarik kalau klta mencennati hal ini. mengapa sesaorang harus berkorban bagi saudaranya? Supaya kita menjadi
bangsa yang diberkall dan
me mbe rkali banyak orang.
Kalau kita rnernbaca dalarn Ruth 411-22. kita mendapatkan conloh peristhva dari penerapan hukurn Iersebut. bagaimana Boas melakukan Iugas sebagal saudara dari Mahlon dan Kilyoni clan bagairnana dia memperoleh pengesahan unluk hak menjacli penebus bagl Mahlon clan Kilyon yang
rang lsrael merasa bahwa sanga! pentmg magi
seorang laki-laki untuk mempunyai ahil waris.
Untuk mempertahankan tanah pusaka yang telah diberikan Allah kepada mareka, mereka harus mengalihkan nya melalui garis keturunan keiuarga (Kel. 15:17-18).
Di sisi lain. seorang wanita yang tidak dapat mempunyai anak senng halt dioela oleh letangga-lelangganya (Kai. 30:12.23), Situasi yang labih serius akan timbul apabila suaminya meninggal sebelum la melahirkan seorang ahli waris. Unluk memacahkan rnasalah ini. kebiasaan perkawinan leviral (pamikahan dnmulai.
Panama kall perkawlnan levaral dasebutkan dalam hubungan dengan keluarga Yohuda (Kel. 38:8}. iolapi perkawinan ini menjadl bagian dari Taural Muse (Ul. 25:5-10)‘ Apabila soorang wanna menjadi landa. saudara Iaki-laki suamlnya yang lelah meninggal akan menikahi dla sesuai dengan hukurn Iaviratl Anak-anak dari pernikahan ini maniadi
Orang Kristen harus meniadi teladan dalam menjaga nama keutuhan dan kehormatan keluarga. Keindahan hubungan dalam keluarga Kristen adalah adanya kesaksian tentang kebenaran iman Rita.
mall tan pa meninggalkan kalunman.
Perhalikan. setelah Boas menyalakan mau melakukan penebusan. make dla dibafkali. “Dan seluruh orang banyak yang nadir di pimu gerbang. dan para ma~tua berkata: "Kamilah monladi saksi. TUHAN kiranya membuat perempuan yang akan masuk ke rumahmu ltu sama seperti Hahel dan Lea. yang keduanya telah mumbangunkan umal Israel. Biariah engkau menjadi makmur di Efrata clan biarlah namamu termasyhur di Betlehern, keturunanrnu kiranya menjadl seperti kelurunan Peres yang dilahirkan Ta mar magi Yehuda oleh karena anak-anak yang akan diberikan TUHAN kepadamu dari perempuan muda init' (Ruth 4:11 ~12).
Berkat ini kemudian dt genapi, bahwa kelurunan Boas meniadi keturunan yang tnrmasyhur, karena daripadanya lahir seorang yang bemama Daud. yang akhirnya menjadi raja yang lermashyur di Israel, bahkan daripadanya lahtr iuru selamat. yailu Tuhan Yesus Kristus (Marius 125-6).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar